We Fly, We Collect, We Share


Cegah Penyakit Kronis Dengan Konsumsi Makanan Ini

Tahukah Kamu? Penyakit Kronis adalah pembunuh nomor 1 di dunia. Ada banyak macamnya, mulai dari penyakit kronis yang paling umum sampai dengan penyakit kronis yang paling khusus, semuanya bisa dialami oleh seseorang. Penyakit kronis yang paling sering dialami oleh masyarakaat adalah penyakit jantung, arthritis, depresi, Alzheimer, tekanan darah tinggi dan lainnya. Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kronis, di antaranya adalah gaya hidup yang tidak sehat, beban pikiran, factor keturunan dan factor usia.

Diagnosis dan pengobatan penyakit Kronis

Dalam mendiagnosis penyakit kronis, penting bagi dokter untuk menanyakan gejala yang dialami oleh pasien. Dokter akan menanyakan apakah pasien mengalami gejala penyakit kronis. Selain itu, dokter juga akan mengevaluasi riwayat kesehatan pasien, seperti bagaimana status mental, penyakit apa yang pernah atau sekarang diderita, obat-obatan apa yang dikonsumsi, dan adakah keluarga yang juga berpenyakit kronis.

Banyak orang terlambat menyadari gangguan kesehatan tubuh. Mereka umumnya baru sadar setelah kondisi berada di tingkat parah, yang tak jarang berujung fatal. Beberapa orang mengabaikan gejala awal penyakit kronis karena tanda-tanda yang muncul terkesan tak genting. Mereka berpikir rasa tak nyaman yang muncul akan hilang dengan sendiri tanpa penanganan khusus. Agar tak terjebak kondisi fatal, jangan abaikan gejala kesehatan yang mungkin terkesan sepele berikut ini, seperti dikutip Shine.

1. Gangguan Tidur

Amy Korn-Reavis, pakar terapi pernapasan dan gangguan tidur, memeringatkan kita agar tak abai dengan gangguan tidur. Wanita yang lama berkecimpung dengan persoalan ini melihat sangat jarang ada pasien yang datang ke dokter menceritakan memiliki masalah tidur. "Padahal jika mereka memiliki masalah tidur, mendengkur, dan tingkat kelelahan tinggi, mereka harus berkonsultasi dengan dokter, untuk melihat kemungkinan terkait gangguan jantung, diabetes, atau tekanan darah tinggi," ujarnya.

2.Sembelit

Hampir semua orang pasti mengalaminya. Pada kondisi terbaik, normalnya orang buang air besar satu sampai tiga kali sehari. Sulit buang air besar hingga beberapa hari bisa jadi itu gejala penyumbatan atau tumor di usus besar. "Segera periksakan ke dokter jika kerap mengalaminya," kata Dr Kathy Gruver, penulis The Alternative Medicine Cabinet'

3. Sakit Kepala

Kondisi ini juga sangat jamak dirasakan hampir semua orang. Namun, tak menutup kemungkinan terkait masalah kesehatan serius. "Jika sakit kepala disertai leher kaku, demam, muntah, dan berlangsung dalam waktu yang sangat lama, itu harus segera diperiksakan ke dokter," kata Dr Gruver. Gejala lain yang harus segera mendapat perhatian serius adalah jika sakit kepala parah datang tiba-tiba, disertai perubahan suara menjadi cadel, masalah penglihatan, kesulitan gerak lengan dan kaki, kehilangan keseimbangan, kebingungan, kehilangan memori, dan sakit kepala yang terus bertambah berat selama 24 jam.

4. Sakit gigi dan nyeri wajah

Dr Gruver memiliki sejumlah pasien yang mengalami kondisi ini dan hampir semua salah diagnosis. "Mereka pergi ke dokter gigi dan mengetahui ternyata mengalami gangguan saraf wajah," katanya. "Jika tidak ditangani dengan cepat, bisa mengarah pada neuropati menyakitkan dan permanen, bahkan bisa menyebabkan kebutaan."

5. Diare

Terkesan biasa memang. Namun, jangan anggap remeh jika diare berlangsung hingga beberapa hari. Selain terancam bahaya kekuarangan cairan tubuh, kondisi ini juga bisa mengindikasikan masalah serius, seperti parasit, kanker, dan masalah pankreas atau empedu kandung. "Segera konsultasi ke dokter, karena jika ini terjadi konsumsi obat anti-diare bukanlah solusi," kata Dr Gruver.

6. Refluks Asam lambung

Satu dari empat orang di Amerika Serikat menderita refluks asam, peningkatan asam lambung. Meski jamak, bukan berarti Anda bisa mengabaikan penyakit ini. "Asam lambung bisa mengakibatkan rasa mulas, erosi gigi, dan gejala seperti asma ketika isi perut tersedot ke paru-paru, bahkan kanker kerongkongan," kata Dr Carson Liu, ahli bedah bersertifikat.

Pencegahan penyakit Kronis

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit kronis, di antaranya dengan menurunkan risiko terkena penyakit jantung, menjaga berat badan tetap sehat, mengonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, mengurangi konsumsi minuman beralkohol, berhenti merokok, menjaga otak agar tetap aktif bekerja, serta rutin memeriksakan diri ke dokter seiring pertambahan usia.

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seperti daging merupakan salah salah satu pencegahan yang sangat baik. Kualitas daging terbaik bisa didapatkan dari steak wagyu yang sudah terbukti mengandung lemak tak jenuh lebih tinggi dibanding daging sapi lainnya. Selain itu, pada steak wagyu terkandung juga vitamin, nutrisi, dan kandungan Omega 6 dan Omega 3 yang berguna untuk kekebalan tubuh, membangun sel membran, tekanan darah, dan pembekuan darah. Bahkan mengonsumsi daging Wagyu pun dapat mencegah penyakit jantung, arthritis, depresi, Alzheimer, dan tekanan darah tinggi. Steak wagyu dapat ditemui di Reight Place (Holycow Camp Makassar) Jl. Pengayoman Blok A5/9, Makassar, Sulawesi selatan. (LR/R8)

Post On : 13/10/2017


Share This Post :

Facebook Google Twitter LinkedIn Print